BAB II
LANDASAN TEORI
Pengenalan Delphi
Delphi
adalah suatu program berbasis bahasa Pascal yang berjalan dalam lingkungan
Windows. Delphi telah memanfaatkan suatu teknik pemrograman yang disebut RAD
yang telah membuat
pemrograman menjadi lebih mudah. Delphi adalah suatu bahasa pemrograman yang telah memanfaatkan metode pemrograman Object Oriented Programming (OOP).
pemrograman menjadi lebih mudah. Delphi adalah suatu bahasa pemrograman yang telah memanfaatkan metode pemrograman Object Oriented Programming (OOP).
Khusus
untuk pemrograman database, Borland Delphi menyediakan fasilitas object yang
sangat kuat dan lengkap serta memudahkan dalam pembuatan program untuk aplikasi
database. Format database yang dimiliki Delphi yaitu format
database paradox, dBase, Ms Access, ODBC, syBase, Oracle dan lain-lain.
Memulai Program Borland Delphi 5.0
Gambar 2.1 Cara Membuka Program Delphi 5.0
Untuk memulai atau menjalankan program Borland Delphi,
ikuti langkah-langkah berikut:
- Klik
tombol Start yang terletak pada bagian taskbar.
- Pilih
menu program dan pilih Borland Delphi, kemudian Klik Delphi 5.
- Sesaat
kemudian akan muncul tampilan lembar kerja Borland Delphi 5, seperti yang
tampak pada gambar berikut:
Gambar
2.2 Tampilan Awal Program
2.1. Mengenal
IDE Delphi
Lingkungan
pengembangan terpadu atau Integrated Depelopment Environment (IDE)
dalam program Delphi terbagi menjadi enam bagian utama, yaitu main
window, toolbar, component palette,form designer, Code
editor dan object inspector. Untuk lebih jelasnya
perhatikan ilustrasi gambar 2.2. Tampilan Awal Program Delphi 5.0.
2.3.1 Main
Window
Jendela
utama adalah bagian dari IDE yang mempunyai fungsi yang sama dengan semua
fungsi utama dari program aplikasi windows lainnya. Jendela utama Delphi
terbagi menjadi 3 bagian, yaitu main menu, toolbar dan
component palette.
2.3.2 Main
Menu
Menu
pada Delphi memiliki kegunaan yang sama seperti pada menu aplikasi windows
lainnya. Dengan menggunakan fasilitas menu, kita dapat memanggil atau menyimpan
program, sehingga pada dasarnya semua perintah yang kita kerjakan dapat kita
temukan pada bagian menu utama.
2.3.3 Toolbar (Batang
Tombol)
Program
Delphi memilikibeberapa toolbar yang masing-masing memiliki
perbedaan fungsi dan setiap perintah menu yang sering digunakan. toolbar sering
disebut juga speedbar.
Toolbar terletak pada bagian bawah baris menu. Pada
kondisi default, Delphimemiliki 6 bagiantoolbar antara
lain standard, view, debug, desktop, custom dan component palette.
2.3.4 Component Palette
Componen palette berisi
sekumpulan icon yang melambangkan component-component yang
terdapat pada VCL (Visual Component Library).
Pada
component palette kita akan menemukan beberapa page control,
seperti standard, addition, win32, system, data access, dll.
Seperti yang tampak pada gambar 2.3.
Gambar 2.3 Component Complete
2.3.1 Form Designer
Form designer merupakan suatu object yang
dapat dipakai sebagai tempat untuk merancang aplikasi. Form merupakan
media kerja yang dapat diisi dengan component-component yang
diambil dari component palette. Pada saat kita memulai Delphi,
Delphi akan memberikan sebuah form kosong yang disebut Form 1.
Seperti yang tampak pada gambar 2.4 berikut:
Gambar 2.4 Form Designer (Form1)
2.3.1 Object
inspector
Object inspector digunakan untuk mengubah properti atau
karakteristik dari sebuah component.Object inspector
terdiri dari 2 tab, yaitu properties dan event. Perhatikan gambar berikut:
Gambar 2.5 Object inspector
1. Tab
Properties, digunakan untuk mengubah properti component. Properti
dengan tanda +, menunjukan bahwa properti tersebut mempunyai sub properti.
2. Tab
Event, bagian yang dapat diisi dengan kode program tertentu yang berfungsi
untuk menangani kejadian-kejadian (sebuah prosedur) yang dapat direspon oleh
sebuahcomponent.
Berikut
ini ini adalah beberapa tabel yang menjelaskan fungsi dari beberapa properti
yang terdapat tab properties object inspector:
Properti-properti utama yang bisa diatur
untuk tiap component form adalah
Tabel 2.1 Properti-properti Form
Tabel 2.2 Properti-properti Label
Align
|
Peletakan object terhadap parent (form).
Nilai yang dimungkinkan adalah :
- AlClient : object diletakan
sebesar bidang sisa dari parentnya.
- AlRight : object diletakan
di posisi kanan form
- AlLeft : object diletakan
di posisi kiri form
- AlTop : object diletakan
di posisi atas form
- AlBottom : object diletakan
di posisi bawah form
- AlNone : object diletakan
sesuai peletakan waktu desain
|
Alignment
|
Justifikasi dari text apakah rata kiri (leftJustify),
rata kanan (rightJustify) dan tengah (center).
|
Autosize
|
Besar bidang object akan sesuai
dengan besarnya caption
|
Caption
|
Text (kata) yang akan ditampilkan dalam label
|
Color
|
Warna background dari object
|
Font
|
Font yang digunakan dalam object.
Defaultnya adalah font parent.
|
Name
|
Nama dari object. Ingat Name
berbeda dengan Caption
|
Transparent
|
Apakah warna object akan dibuat
transparan (properti color tidak dipakai).
|
WordWarp
|
Jika diisi true, maka jika caption telah melebihi
batas, maka akan menggulung ke baris berikutnya.
|
Tabel 2.3 Properti-properti Edit
BorderStyle
|
Apakah object akan menggunakan
garis pinggir.
|
CharCase
|
Apakah data yang dimasukan akan dicapitalkan
(uppercase) atau dihurufkecilkan (lowercase) atau normal.
|
Color
|
Warna background dari object.
|
Ctr3D
|
Apakah akan dibuat 3D atau flat / datar.
|
MaxLength
|
Panjang maksimal data yang akan dimasukan.
|
PasswordChar
|
Karakter apa yang akan ditampilkan ketika object ini
digunakan untuk memasukan password contoh *. Isi properti ini dengan #0
jika object tidak digunakan untuk membaca password.
|
ReadOnly
|
Jika diisi true, maka user tidak bisa menulis/mengubah
isi object.
|
Text
|
Isi tulisan dari object ini. Edit tidak
mempunyai caption, sehingga isi dari yang ditulis diedit berada
di properti ini.
|
Visible
|
Isi properti ini dengan true jika object ingin
ditampilkan.
|
Tabel 2.4 Properti-properti Button
Properti-properti dari button sebenarnya sama dengan
properti-properti objectyang telah dijelaskan, tetapi ada
beberapa properti yang berbeda yaitu properti :
|
|
ModalResult
|
Properti ini biasanya digunakan ketika kita membuat
program yang memiliki banyak form. Properti ini digunakan untuk
mengecek tombol apa yang diklik ketika suatu formditutup.
|
Cancel
|
Jika properti ini diisi dengan nilai True, maka
ketika ada penekanan tombol Escape dalam form tersebut maka
tombol tersebut akan dieksekusi.
|
Default
|
Jika properti ini diisi dengan nilai True, maka
ketika ada penekanan tombol Enter dalam form tersebut maka
tombol tersebut akan dieksekusi.
|
2.3.1 Code
editor
Code editor merupakan tempat dimana kita dapat menuliskan
kode program, pada bagian ini kita dapat menuliskan pernyataan dalam object
pascal. Keuntungan pemakaian Delphi adalah bahwa kita tidak perlu menuliskan
kode-kode sumber karena Delphi menyediakan perangkat penulisan program, seperti
yang tampak pada gambar berikut:
Gambar 2.6 Code Editor
Menu-menu
Pada Borland Delphi 5.0
Menu-menu
yang ada pada program aplikasi Borland Delphi 5, terdiri dari:
2.4.1 Menu File
Menu file berisi
perintah-perintah menu dasar yang sering digunakan, yang berhubungan dengan
pengoperasian file, berikut submenu beserta fungsinya:
1. New, membuat object baru
yang berupa project, form, dll.
2. New
Application, membuat project baru. Perintah ini akan
menutup project sebelumnya yang pernah kita aktifkan sekaligus
membuka Code editor baru dengan nama Unit 1.pas, form baru
dengan nama form 1, dan object inspector.
3. New
Form, membuat form baru yang masih kosong.
4. New
Frame, membuat frame baru yang masih kosong yang akan ditambahkan
dengan project yang aktif.
5. Open, membuka
sebuah object. Object tersebut dapat berupa program
atau project.
6. Open
Project, membuka project.
7. Reopen, membuka object terakhir
yang pernah kita buka sebelumnya.
8. Save, menyimpan form yang
sedang aktif.
9. Save
As, menyimpan form yang aktif dengan nama baru.
10. Save
Project As, menyimpan project yang aktif dengan nama
baru.
11. Save
All, menyimpan semua object yang aktif.
12. Close, menutup form,
jika form belum kita simpan maka Delphi maka Delphi akan
menampilkan kotak konfirmasi tentang penyimpanan file.
13. Close
All, menutup semua object yang aktif.
14. Use
Unit, membuka semua unit untuk object yang aktif.
15. Print mencetak
item Delphi yasng sedang terpilih.,
16. Exit, menutup
program aplikasi Delphi.
2.4.2 Menu Edit
Menu edit berisi
perintah-perintah yang digunakan untuk menyunting teks program dalam
jendela code editor, menyunting component-component yang
terletak pada bagian form designer dan beberapa
item lainnya. Berikut submenu edit dan beberapa fungsinya.
1. Undo, membatalkan
perintah terakhir yang pernah kita berikan.
2. Redo, mengulang
perintah terakhir yang pernah kita berikan.
3. Cut, memotong
teks atau object yang telah terpilih.
4. Copy, menyalin
teks atau object yang telah terpilih.
5. Paste, meletakkan
atau menampilkan teks atau object yang telah kita cpy atau cut
pada posisi tertentu yang kita kehendaki..
6. Delete, menghapusk
teks atau object yang telah kita pilih.
7. Select
All, memilih seluruh teks atau object.
8. Align
to Grid, merapikan atau mengatur perataan object terpilih
terhadap posisi titik-ttiik grid pada form.
9. Bring
to Front, meletakkan object terpilih pada posisi
teratas diantara object lainnya didalam form.
10. Send
to Back, meletakkan object terpilih pada posisi
terbawah diantara object lainnya didalam form.
11. Align, mengatur
perataan object-object terpilih dalam form,
baik secara vertical maupun horizontal.
12. Size, mengatur
ukuran lebar dan tinggi untuk object-object yang
terpilih.
13. Scale, mengubah
ukuran semua object yang terdapat dalam form secara
keseluruhan dengan sistem pengubah nilai persentase.
14. Tab
Order, mengubah urutan object yang akan diaktifkan
apabila kita menggunakan tombol tab untuk memindahkan posisi object yang
aktif pada saat form yang telah kita buat dijalankan.
15. Creation
Order, mengubah urutan component non-visual yang akan
diaktifkan apabila kita menggunakan tombol tab untuk memindahkan posisi component non-visual
yang aktif pada saat form yang telah kita buat dijalankan.
16. Flip
Children, memutar component-component yang
terdapat dalam form secara horizontal.
17. Lock
Controls, mengunci seluruh componentyang terdapat
dalam form sehingga kita tidak diperkenankan untuk mengubah
ukuran dan memindahkan posisi component tersebut.
2.4.3 Menu Search
Menu search berisi
perintah-perintah yang digunakan untuk mencari teks, mencari dan mengerti teks,
menuju suatu baris kode program tertentu serta perintah lainnya didalam
jendela code editor. Berikut submenu search dan
fungsinya.
1. Find, mencari
teks tertentu dalam Code editor.
2. Find
in File, mencari kode tertentu dalam Code editor yang
terletak pada file lain.
3. Replace, mencari
teks tertentu dan menggantikannya dengan teks lain dalam Code editor.
4. Search
Again, yang mengulang perintah mencari teks yang pernah kita berikan
sebelumnya.
5. Incremental
Search, mencari teks tertentu yang akan kita ketik-jalankan perintah
ini sehingga akan tampak teks searching for: pada bagian Code
editor dan kemudian ketik teks yang akan kita cari.
6. Go
to Line Number, pindah menuju baris program tertentu pada
jendela Code editor.
7. Find
Eror, mencari kesalahan-kesalahan program yang ada dalam jendela Code
editor.
2.4.4 Menu View
Menu View berisi
perintah-perintah yang akan digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan
jendela-jendela tertentu dalam program delphi.
1. Project
Manager, menampilkan lembar kerja project manager
yang digunakan untuk mengelola struktur hirarki dalam suatu project.
2. Object
inspector, menampilkan lembar kerja object inspector yang
digunakan untuk mengubah properti dan even component-component yang
terdapat dalam suatu form.
3. Alignment
Palette, menampilkan toolbar alignment yang berisi
tombol perintah untuk mengatur peralatan component-component yang
terdapat dalam suatu form.
4. Component
List, menampilkan lembar kerja component yang berisi
daftar nama component Delphi yang dapat ditambahkan dalam
suatu form.
5. Window
List, menampilkan daftar nama jendela.
6. Desktop, menampilkan
submenu desktop yang sedang dalam kondisi aktif yang dapat kita pilih.
7. Debug
Window, menampilkan lembar kerja debug. Berfungsi untuk mengolah
desktop.
8. Toggle
Form/Unit, pindah menuju lembar kerja form designer dan Code
editor secara bergantian.
9. Unit, menampilkan
dan mengaktifkan daftar nama unit yang kita miliki.
10. Form, menampilkan
dan mengaktifkan daftar nama form yang kita miliki.
11. New
Edit Window, membuka jendela Code editor baru.
12. Toolbar, menampilkan
daftar nama toolbar yang dapat diaktifkan atau disembunyikan.
2.4.5 Menu Project
Menu project berisi
perintah-perintah yang berhubungan dengan pengolahan suatu project,
dengan submenu sebagai berikut:
1. Add
to Project, menambahkan unit yang pernah ada kita buat sebelumnya ke
dalam object yang aktif.
2. Remove
from Project, menghapus unit yang terdapat didalam project yang
sedang aktif.
3. Import
Type Library, memasukkan type library lain ke
dalam system program Delphi
4. Add
to Repository, memasukkan semua program aplikasi yang telah kita buat
kedalam dafar repository.
5. View
Source, menampilkan code program sumber project yang
sedang aktif.
6. Add
New Project, menampilkan item baru kedalam project.
7. Add
Exiting Project, menambahkan project lain yang pernah
kita buat sebelumnya kedalam kelompok project.
8. Compile
Project, membentuk file kompilasi berakhiran .exe, yang dapat di eksekusi
sewaktu-waktu untuk file-file yang ada dalam program project aktif.
9. Build
Project, membangun kembali sebuah component yang terdapat dalam project yang
aktif yang telah mengalami perubahan.
10. Syntact
Check Project, mengkompilasi modul-modul project yang
tidak terikat dengan project tersebut. Perintah ini digunakan
untuk mengecek kode dari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada saat
proses kompilasi.
11. Compile
All Project, membentuk file kompilasi dengan akhiran .exe, untuk
seluruh file project yang sedang aktif.
12. Build
All Porject, membangun kembali sebuah komponen yang terdapat dalam
seluruh project yang aktif yang telah mengalami perubahan.
13. Option, menampilkan
kotak dialog option.
2.4.6 Menu Run
Menu run digunakan
untuk menjalankan program dan melihat jalannya program tersebut. Kita juga
dapat memantau jalannya program dengan memperhatikan prosedur yang dijalankan,
berikut adalah submenu run dan fungsinya.
1. Run, mengkompilasi
dan menjalankan program aplikasi yang telah kita bentuk.
2. Parameter, menentukan
parameter awal untuk program aplikasi kita.
3. Step
Over, menjalankan baris program satu per satu dalam suatu prosedur.
4. Trace
Into, menjalankan baris program satu per satu dalam suatu prosedur
yang saling berhubungan.
5. Trace
to Next Source Line, menjalankan program dalam suatu prosedur dan akan
berhenti bila menemukan baris perintah dalam suatu prosedur berikutnya.
6. Run
to Cursor, menjalankan program hanya sampai pada lokasi cursor dalam code
editor.
7. Run
Until Return, menjalankan program sampai program mengeksekusi
perintah return.
8. Show
Execution Point, menampilkan posisi cursor dalam
jendela code editor.
9. Program
Pause, menghentikan program untuk sementara.
10. Program
Research, menampilkan program secara permanen.
11. Evaluate/Modify, menampilkan
kotak dialog Evaluate/Modify dimana kita dapat mengevaluasi
atau mengubah nilai pernyataan yang ada.
12. Add
Watch, membuka kotak dialog watch properties dimana
kita dapat memodifikasikan watch.
13. Add
Breakpoint, membuka kotak dialog edit breakpoint dimana
kita dapat membuka dan memodifikasikan breakpoint.
2.4.7 Menu Component
Menu component digunakan
untuk menambah atau menginstal komponen-komponen baru. Berikut ini adalah
submenu component beserta fungsinya.
1. New
Component, membuat component baru.
2. Install
Component, menginstall component baru.
3. Import
Active Control, menambah type library kontrol-kontrol
aktif kedalam projectDelphi.
4. Install
Package, menginstall paket-paket komponen yang telah disediakan
Delphi.
5. Configurate
Palette, membuka dan mengatur palette dan kotak
dialog palette properties.
2.4.8 Menu Database
Menu database digunakan
untuk membuat, mengubah dan melihat database. Berikut ini merupakan submenu
desktop dan fungsinya.
1. Explore, membuka database explore atau SQL explore.
2. SQL
Monitor, membuka SQL Monitor.
3. Form
Wizard, membuka form melalui database form
wizard yang berfungsi untuk menampilkan data dari suatu database.
2.4.9 Menu Tools dan Help
Menu tools digunakan
untuk mengubah option atau memanggil database desktop dari
menu delphi. Berikut ini adalah beberapa submenu tools dan help beserta
fungsinya.
1. Environment
Options, menentukan konfigurasi preference library, nama path dan
mengubah tamilan component palette.
2. Editor
Options, menentukan konfigurasi editor.
3. Repository, menampilkan
kotak dialog object repository.
4. Translation
Repository, menampilkan kotak dialog translation repository.
5. Configure
Tools, menampilkan kotak dialog tools options, gunakan
kotak dialog ini untuk menambahkan penghapus, atau mengubah perintah pada
menu tools.
6. Database
Desktop, menampilkan database desktop, dimana kita
dapat membuat, menampilkan, mengurutkan, memodifikasikan dan mengolah
tabel query dalam program paradox, dBase dan format SQL.
7. Package
Collection Editor, membuat dan menyunting package
collections (kumpulan paket).
8. Image
Editor, membuat dan menyunting file sumber, icon, gambar bitmap dan file
cursoruntuk digunakan dalam aplikasi.
9. Menu
Help, digunakan untuk membuka lembar kerja bantu Delphi.
No comments:
Post a Comment